“All About Lifestyle in the World”

Jumat, 30 Oktober 2015

Tips Mengusir Kantuk

Haii guysss!!! Back with me RBT in health category. Gw tau banget nih pasti udah pada bertanya-tanya kenapa postingan gw yg baru blm ada, padahal hari Selasa udah lewat. Tenang aja bro and sis, ketelatan gw bakal dibayar dengan satu postingan yang paling lu pada harapin nih pasti!!!

Siapa yang suka ngantuk di kelas??? Siapa yang pengen ngilangin ngantuknya pas lagi belajar ??? Gw jamin ini problemnya hampir 90% orang di kelas apalagi kalo pelajarannya udah bosenin. Sekarang gw mau coba kasih tips jitunya nih, pasti top markotop kotok-kotok (?). Daripada makin penasaran langsung aja yukkk disimak:


1. Bangun dari kursi dan berjalan-jalan sejenak
Kelamaan duduk ditambah dengan materi yang ngebosenin pasti bakal bikin ngantuk. Nah udh gw kasih tuh tips pertamanya, kalo misalkan bingung maksud gw apaan, secara kasarnya tuh anggep aja misalkan hapus papan tulis, kalo gk mungkin bagiin kertas soal/rangkuman yang disuruh guru. Tapi yang paling efektif menurut gw sebenernya mungkin izin ke toilet, karena kan pasti jalannya rada jauh tuh ketimbang ke papan tulis atau ngebagiin soal/rangkuman. Kenapa bisa gitu? Soalnya kalo kita jalan, oksigen dipompa melalui pembuluh darah kita ke otak dan otot #ipabanget. Tapi kl misalkan ke toilet gk terlalu ngefek, mungkin bisa juga abis ke toilet naik turun tangga dulu satu lantai (tapi jalan cepet/lari kecil), biar oksigen bisa dipompa makin cepet dan guru lu jga ga terlalu penasaran kenapa ke toiletnya lama hehehe

2. Tidur siang
Tidur siang nih sebenernya termasuk satu hal yang sangat penting, soalnya kalo udah tidur siang pasti kalo mau aktivitas kagak bakalan ngantuk, apalagi kalo misalkan mau belajar buat ulangan atau semesteran besoknya, nah bermanfaat banget tuh tidur siangnya. Kalo gabisa tidur, katanya seorang ahil tidur yang berasal dari Caliciliwung *ehh California maksudnya, pejamkan saja mata kita selama 15 menit atau lebih, meskipun emang ngantuknya kagak ilang total tapi setidaknya ngurangin ngantuk kita dikit.

3. Jangan melakukan aktivitas dengan pencahayaan redup.
Kasus gw pasti sering banget nih dialamin pas guru lagi nerangin slide, apalagi kalo materinya ngebosenin, terus lampunya dimatiin semua. Kalo kayak gitu udah tuh, lama kelamaan pasti lu bakal ngantuk, bahkan sampe ada yang ketiduran. Mengapa demikian? Menurut seorang psikolog yang namanya Wiseman (temennya blueband), kondisi gelap dapat mengirimkan sinyal pada otak untuk segera beristirahat. Nah solusinya hindarin lampu dikelas dimatikan semua, kalo gk matiin satu aja, biar kagak merangsang si otak buat istirahat.

4. Jangan makan terlalu banyak saat akan menghadapi banyak aktivitas
Kalo lagi pas istrirahat nih, makannya jangan terlalu banyak, apalagi yang mengandung bnyk karbohidrat, soalnya hal itu dapat ningkatin kadar gula darah (glukosa) dengan cepat. Hal ini akan merangsang kelenjar pankreas untuk melepaskan insulin dalam jumlah yang banyak. Akibatnya akan merangsang pula perubahan triptofan(salah satu asam amino penyusun protein) menjadi serotonin (neurotransmiter monoamino) sehingga menimbulkan rasa kantuk.

5.  Tarik nafas yang dalam
Ini mungkin merupakan salah satu tips yang bakal paling ampuh, tapi lu harus coba latih juga yaa, biar lebih ampuh aja. Kenapa tarik nafas yang dalam bisa membantu mengurangi kantuk? Soalnya menarik nafas yang dalam dapat meningkatkan kadar oksigen darah dalam tubuh. Hal ini memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi, yang pada akhirnya membantu kinerja mental dan energi kita. Gimana caranya? Baca baik-baik yaa!!!

“Ide dari latihan pernafasan adalah untuk menghirup udara ke perut, bukan dada. Anda dapat melakukannya di meja Anda. Duduk tegak, cobalah latihan ini sampai 10 kali :

*Dengan satu tangan di perut Anda tepat di bawah tulang rusuk dan yang lainnya di dada Anda, tarik napas dalam melalui hidung Anda dan biarkan perut Anda mendorong tangan Anda keluar. Dada Anda tidak boleh bergerak.
*Tarik napas melalui bibir seolah-olah Anda bersiul. Anda dapat menggunakan tangan di perut Anda untuk membantu mendorong udara keluar.

Teknik lain disebut merangsang napas, digunakan dalam yoga untuk meningkatkan energi dan meningkatkan kewaspadaan. Caranya : Tarik dan hembuskan napas secara cepat melalui hidung. Mulut Anda tetap tertutup tapi santai. Lakukan teknik napas ini dengan tempo singkat, yakni tiga kali dari setiap siklus dalam satu detik. Lalu setelahnya, bernapaslah dengan normal. Anda dapat melakukannya sampai 15 detik untuk pertama kali dan untuk berikutnya tambahkan lima detik setiap kali melakukannya hingga mencapai satu menit.

Gimana??? Bermanfaat banget kan pasti artikel gua??? Kalo misalkan artikelnya kepanjangan, maksud gw bukan mau bikin lo cape baca kok, cuma bermaksud biar lo ngurangin ngantuk aja kalo mau beraktivitas terutama buat belajar di kelas, biar materi yang guru kita ajarin makin banyak dapat kita serap untuk masa depan yang cerah #azekkmarioteduh #lohhh
Yaudh sekian dulu yaa guys, tunggu artikel lain dari gw yang pastinya bakal bermanfaat! Stay tune J


Tidak ada komentar:

Posting Komentar